Sabtu, 06 Juni 2009

Istilah Dalam Pasar Modal

Bursa Efek
Pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek Pihak-Pihak lain dengan tujuan memperdagangkan Efek di antara mereka.

Comfort Letter
surat yang dibuat oleh Akuntan yang menyatakan ada atau tidaknya fakta material yang terjadi setelah tanggal laporan keuangan terakhir sampai dengan menjelang tanggal efektifnya Pernyataan Pendaftaran yang dapat mengakibatkan perubahan signifikan atau membahayakan posisi keuangan atau hasil usaha sebagaimana disajikan dalam laporan keuangan yang dilampirkan sebagai bagian dokumen Pernyataan Pendaftaran dan dimuat dalam Prospektus.

Efek
surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, Unit Penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek.

Bond
Sebutan lain untuk obligasi. Surat bukti utang jangka panjang dari emiten, lazimnya biasa berade di atas tiga tahun jaraknye. Setiap periode tertentu pemilik surat tersebut bisa menukarkan kupon-kupon yang terlampir (buka kupon undia ya) untuk mendapatkannya bunga dari emiten, sampai akhirnya jatuh tempo tersebut berkhir ketika perusahaan harus melunasi utangnya. Bond bisa diperjualbelikan di bursa efek.

Capital market
Bahasa keren untuk menggambarkan perdagangan surat-surat berharga, termasuk saham dan obligasi. cie'elha..,haha

Kustodian
Suatu Lembaga atau pihak yang menyimpan surat-surat berharga yang diperdagangkan seperti saham. Tujuannya macam-macam, salah satunya agar memudahkan penyelesaian transaksi di kemudian hari & aman.

Dilusi
Pengurangan proporsi kepemilikan seorang pemegang saham pada suatu perusahaan.

Divestasi
Kebalikan dari investasi alias penjualan kembali saham perusahaan.hehe Istilah ini populer ketika pemerintah menjual saham-saham "hasil sitaan" BPPN.,contoh lainya seperti masalah pemerintah daerah dengan Pt.Newmont 2008 kemaren.

Dual Listing
Sebuah surat berharga dikatakan Dual Listing jika dicatatkan dilebih dari satu bursa sehingga likuiditas surat berharga tersebut lebih terjaga.

Insider Trading
Transaksi saham berdasarkan bocoran informasi rahasia dari pihak-pihak yang terkait dengan emiten, konsultan perusahaan, atau regulator, Transaksi seperti ini biasanye melibatkan orang-orang yang menurut aturan tidak boleh melakukan transaksi. Contoh insider trading, direksi perusahaan yang memperdagangkan saham perusahaan sendiri. sama halnya kasus yang sedang merebak saat ini di salah satu emiten BEI.

Prospektus
Setiap informasi tertulis sehubungan dengan Penawaran Umum dengan tujuan agar pihak lain membeli efek berbentuk seperti brosur dengan ada lisensi dari agen penjual.

Redemption
mekanisme pembelian kembali oleh manajer investasi atau para trader kelas kakap dengan dana cukup besar aatas unit penyertaan yang telah dibeli oleh investor atau nasabahnya. Atau, suatu mekanisme dimana investor atau nasabah reksadana,saham boleh-boleh aje menjual unit penyertaan yang dimilikinya dan manajer investasi wajib membeli kembali unit penyertaan tersebut.

Unit Link
Adalah produk asuransi yang menggabungkan layanan asuransi dan investasi sekaligus. Dengan menjadi nasabah produk unit link tersebut, seseorang bisa mendapatkan manfaat ganda & dobel yaitu perlindungan asuransi dan investasi. Produk asuransi yang ditawarkan bisa berbentuk asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, tetapi biasanya dipasarkan dalam kemasan yang lebih menarik bagi masyarakat: misalnya tabungan masa depan atau asuransi pendidikan. Sedangkan pembayaran premi hanya sampai tahun tertentu saja dan selebihnya investasi atau tabungannya yang akan membayar preminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar